Skip to main content

5 Tahapan membuat video youtube agar ditonton banyak orang

Membuat video youtube adalah suatu kewajiban bagi seorang youtuber, baik itu yang sudah profesional atau yang baru memulai membuat channel youtube. Konten video ini penting karena channel yang terkenal mayoritas karena kontennya, bukan karena nama channelnya. Lantas bagaimana cara membuat video youtube agar ditonton banyak orang? Lanjutkan membaca artikel ini untuk mengetahui 5 tahapan membuat video youtube.

Youtube Partner, youtube, video youtube, membuat video youtube, cara membuat video youtube, social media marketing, video marketing,

1. Pertama tentukan ide video apa yang ingin kamu buat


Ide ini merupakan penentu nantinya video mu akan menjadi seperti apa. Misalnya ingin membuat video tutorial main game, video tentang cara diet, tutorial hijab, dan sebagainya. Itu merupakan ide dasar dalam membuat konten video.

Bahkan semua video dalam channel kamu nantinya kamu isi dengan video satu jenis pun tidak masalah, dan justru lebih baik. Misalnya tutorial hijab, maka kamu bisa membuat semua tentang hijab. Dan karena ini lebih spesifik, nantinya subscriber kamu juga akan lebih spesifik misalnya cewek yang berhijab.

Jika kamu bingung, kamu bisa mencari ide dari internet. Misalnya menggunakan keyword planner, yaitu fasilitas yang disediakan google Adword untuk mencari kata kunci yang banyak dicari orang. Atau bisa menggunakan Google Trend, untuk mencari semua yang lagi nge-hits di internet.
Nah setelah menemukan apa saja yang lagi nge-hits, tinggal kamu pilih mana yang sesuai atau cocok dengan diri mu.

Jika sudah menemukan jenis video yang cocok, kamu bisa membuat daftar atau list kira-kira kamu akan membuat video apa saja. Misalnya kamu cocok dengan bidang kuliner, maka kamu bisa membuat list cara memasak sayur, lauk, kue, dan sebagainya. Sehingga kamu bisa membuat satu persatu video untuk dijadikan konten dalam channel youtube mu.

2. Buat skenario


Misalnya kamu ingin membuat video tutorial menghidupkan komputer, maka kamu harus mempersiapkan kira-kira nantinya video mu bakal menjadi seperti apa. Skenario yang bisa kamu persiapkan ada 3 pokok yaitu intro, inti, dan penutup.

Intro disini maksudnya adalah pembukaan video kamu. Jadi sebelum kamu mempraktekan tahapan menghidupkan komputer, kamu bisa menjelaskan secara singkat tentang video yang kamu buat.
Untuk inti, pastinya lakukan langkah-langkah menghidupkan komputer sesuai dengan prosedur yang ada. Tiap langkah kamu bisa menjelaskan masing-masing fungsi dalam komputer dan sebagainya. Tujuannya biar viewer bisa mendapatkan wawasan atau pengetahuan tentang komputer. Dan yang pasti biar enggak garing.

Dan penutup adalah bagian akhir setelah kamu mempraktekan cara menyalakan komputer. Misalnya kamu tutup dengan ajakan untuk berlangganan atau subscribe channel kamu.

3. Lakukan persiapan 


Setelah skenario dibuat, maka lakukan persiapan semua yang diperlukan. Secara umum ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan misalnya persiapan mental, persiapan peralatan, persiapan SDM.

Persiapan mental ini penting, misalnya kamu membuat video dan merekam diri mu. Maka kamu harus siap mental untuk dikenal oleh masyarakat melalui channel kamu. Selain itu juga harus siap untuk menerima komentar yang mengapresiasi video mu, dan juga harus siap menerima komentar pedas dari netizen.

Persiapan perlengkapan atau perlengkapan ini diperlukan, minimal jika kamu membuat tutorial menyalakan komputer maka harus ada komputer untuk peragaan. Selain itu ada kamera untuk merekam video. Jika kamu masih pemula dan belum memiliki kamera canggih, maka kamu bisa kok menggunakan kamera ponsel yang kamu gunakan. Dari kamera smartphone sangat memungkinkan untuk merekam seluruh proses mulai intro, inti video, hingga penutup.

Selain kamera, kamu harus mempersiapkan komputer atau laptop untuk editing. Tapi jika tidak ada, maka kamu bisa langsung upload ke youtube. Kalau dulu youtube ada fasilitas video editor online, tapi sekarang fasilitas itu sudah tidak ada. Sehingga mau tidak mau kita harus mengedit secara offline sebelum mengunggah video ke youtube.

Persiapan SDM juga perlu, entah itu SDM-nya kamu sendiri atau kamu minta bantuan orang lain. Misalnya untuk membuat tutorial menyalakan komputer dan kamu sendiri yang akan melakukan serta menjelaskan proses menyalakan komputer.Jika kamu sanggup melakukan sendiri untuk menjelaskan dan merekam, maka tidak perlu bantuan orang lain. Namun jika kamu hanya mempraktekan cara menyalakan komputer, dan kesulitan merekam maka kamu bisa minta bantuan orang lain.

4 . Proses edit 


Setelah melakukan proses perekaman, kamu bisa mengedit dulu hasil video rekaman mu atau bisa langsung mengunggahnya ke channel youtube kamu.

Namun editing ini diperlukan minimal untuk memotong atau menghapus bagian yang tidak penting, hingga memberikan efek musik tertentu. Sehingga video mu tidak garing dan lebih enak dilihat serta didengarkan.

Untuk proses editing, banyak software yang bisa digunakan baik yang berbayar atau yang gratisan. Jika membeli software yang berbayar dianggap terlalu mahal, maka kamu bisa menggunakan software edit video gratis yang biasanya disediakan oleh developer software open source.

5. Proses upload 


Entah video mu di edit dahulu atau langsung di upload, namun dalam proses upload ini kamu harus memperhatikan setting video. Kamu harus melakukan beberapa pengaturan agar video mu masuk ke mesin pencari youtube dan juga bisa dilihat banyak orang. Misalnya kamu harus menyiapkan judul, deskripsi video, tag, thumbnail, dan sebagainya.

Antara judul, deskripsi, dan tag harus sesuai dengan isi video kamu. Jangan coba-coba untuk mengakali youtube dengan memasukan kata kunci yang populer namun tidak relevan. Hal ini tujuannya agar channel mu di suspend oleh youtube.

Selain itu kamu harus mengatur bahasa yang digunakan, jenis tanggal pembuatan video, lokasi video, dan sebagainya.

Demikian penjelasan tentang pembuatan konten video youtube secara umum. Jika ada pertanyaan atau menambahkan, silakan berkomentar dibawah ini.

Sumber gambar : https://goo.gl/XNoPNN

Comments

Popular posts from this blog

Cara membuat blog dengan konten yang menarik dan berkualitas

Blog ini memang masih baru dan fresh, tapi bukan berarti blog ini blog pertama saya. Saya sejak 2009 saya sudah mengenal blog ketika mengerjakan tugas sekolah, dan itu menjadi pengalaman pertama saya membuat blog dan konten blog. Blog pertama yang merupakan project untuk ujian sekolah sudah lama tidak diurus bahkan sampai sekarang sudah lupa akun email dan passwordnya.

Ketika masih kuliah pernah iseng membuat blog lagi, tapi isinya bukan cerita pribadi seperti blog yang baru dibuat ini. Blog iseng tersebut jadi bahan percobaan pribadi, dengan menggunakan TLD (Top Level Domain) dan juga paket hosting murah meriah. Tujuannya cukup sederhana yaitu memenuhi rasa ingin tahu saja. Dan itu bertahan hingga sekarang, mungkin sudah berjalan sekitar 3 tahunan meski update kontennya kembang kempis tergantung kesibukan dan juga mood.

(Gambar : flickr.com)

Membuat blog memang sangat mudah, namun mengembangkan blog sehingga banyak yang membaca itu merupakan pekerjaan yang susah serta butuh proses ya…

Strategi jualan online di fanpage facebook untuk pemula

Seperti yang banyak diketahui oleh banyak orang, bahwa berjualan adalah aktifitas memberikan produk atau layanan tertentu dengan imbal balik bisa berupa uang, barang atau juga apapun yang sesuai. Kalau kita lihat saat ini memang terjadi dua tren berjualan yang menjadi andalan para pelaku usaha. Yaitu jualan dipasar tradisional, toko, warung, atau lapak-lapak yang bersifat offline. Sedangkan jualan yang bersifat online hampir sama sebenarnya dengan jualan offline, yang membedakan adalah penggunaan teknologi internet serta jangkauan yang tidak terbatas pada daerah tertentu saja.
Misalnya yang dulu mungkin orang berjualan tas hanya ada di toko tas, pasar, bahkan supermarket dan sebagai pembeli kita hanya bisa membeli dengan datang ke toko tersebut dan transaksi bisa dilakukan disana. Saat ini untuk membeli tas tidak perlu datang ke lokasinya secara langsung, karena banyak penjual tas yang mempromosikan barang dagangannya secara online. Sehingga sebagai pembeli kita bisa melihat tas yang …

Belajar dari kesalahan strategi online marketing dengan sosial media

Kalau tidak salah di awal 2017 saya menjumpai kejadian yang cukup miris dan kasihan di facebook dan LINE. Bagaimana tidak miris coba, teman saya sendiri dicaci maki oleh banyak orang dan bahkan ada yang mengeluarkan kata-kata mutiara atau misuh (baca : mengumpat). Bayangkan saja, bagaimana jika kamu melihat teman mu dicaci maki seperti itu.



Tapi jangan mudah menyimpulkan dulu dan menyalahkan orang yang misuh-misuh itu. Lihat dulu kronologisnya dan kejadiannya, kumpulkan fakta-faktanya seperti film detektif Conan edogawa. Kemudian analisa dan simpulkan siapa yang memulai munculnya kata-kata mutiara tersebut. Nah dari pada kamu pusing memikirkan bagaimana ceritanya, lebih baik saya yang akan berbagi cerita dengan pembaca sekalian.

Kejadian pertama teman saya memanen kata mutiara di LINE. Awalnya saya kaget karena LINE saya terus-terusan bunyi tanpa henti, seperti ada sangat banyak pesan yang masuk. Dan setelah saya lihat ternyata ada sebuah chat group yang masih baru dibuat dan berisi p…