Skip to main content

2/3 Versi Cara Mendapatkan Uang Dari Google

Cara mendapatkan uang dari google merupakan hal yang banyak menjadi pertanyaan banyak orang baik di internet bahkan offline. Memang banyak hal yang mendasari pertanyaan tersebut muncul, dan paling banyak memang faktor ekonomi. Jika kamu ingin mendapatkan jawabannya, kamu wajib membaca cerita singkat saya berikut ini hingga tuntas.

Sedikit cerita, bahwa beberapa waktu lalu saya mendapatkan pertanyaan dari seorang teman. Dia mengirimkan pesan lewat instagram (Direct Message) setelah saya posting Instagram Stories yang berisi proses saya melakukan pemasangan iklan Google Adwords. Sekilas pertanyaannya seperti ini,

Mr. Bray    : "Bro mau nanya, gimana dapetin duit dari Google?"

Saya            : "Kenapa emang Mas bro?"

Mr. Bray : "Gpp Bro, mau nanya saja. Siapa tahu bisa tak coba, lumayan buat nambah pemasukan"

Saya        : "Hmmmm..."       (Sambil mikir jawabannya apa)

Sekilas seperti itulah percakapan awal saya dengan Mas Bray melalui DM Instagram.  Dan akan saya coba untuk membagikan jawabannya disini, lumayan buat ngisi konten website biar ga sepi.

bisnis online, google, mendapatkan uang dari google, search engine,Google Publisher, Pemasaran Online, Search engine marketing, pemasaran di internet, Google Adsense, jualan online
(image : freegreatpicture.com)

Definisi mendapatkan uang dari Google

Meski banyak beredar jawaban akan pertanyaan seperti ini di internet, tapi saya tetap masih kurang puas karena rata-rata isinya masih umum banget. Dan kalau saya jawab pertanyaan teman saya dari hasil comot jawaban orang di Google, maka saya yakin teman saya juga ga bakal paham karena saya sendiri juga tidak paham tentang jawaban penjelasan yang beredar. Akhirnya saya putuskan untuk mendefinisikan tentang mendapatkan uang dari Google.

Dalam pemikiran saya, pertanyaan ini bisa mendapatkan 2 hasil jawaban yang berbeda. Yaitu mendapatkan uang dari Perusahaan Google (Dibayar Google) dan kamu menggunakan mesin pencari (search engine) Google untuk mendapatkan uang.

Tapi keduanya akan saya coba jawab berdasarkan ilmu terkait, pengalaman saya, dan pengalaman orang lain yang pernah saya ajak sharing.

Prinsip Mendapatkan Uang dari Google

Secara umum, kamu bisa mendapatkan uang dari Google (entah itu dibayar google atau menggunakan search engine google) yaitu dengan adanya iklan. Karena Google sendiri secara umum memang memberikan pelayanan secara gratis kepada masyarakat, dengan kompensasi mereka menayangkan iklan di layanan yang digunakan oleh masyarakat.

Misalnya jawaban untuk definisi pertama yaitu kamu bisa saja dibayar oleh Google yaitu dengan menjadi mitra mereka sebagai Google Publisher. Contohnya Youtuber, Blogger, atau Pengembang Aplikasi Android yang mayoritas mendapatkan penghasilan tiap bulan dari pembagian hasil iklan dengan Google.

Kemudian selain publisher kamu juga bisa menjual produk atau layanan dari Google, misalnya yaitu dengan menjual iklan google adwords. Google Adwords adalah sistem periklanan Google yang berfungsi agar pengiklan bisa menayangkan iklan mereka di jaringannya Google misalnya Search Engine Google, di website para publisher google, Youtube, atau juga Android Apps.

Jadi kamu harus mendaftarkan diri dulu menjadi Google Partner dan mengikuti beberapa pelatihan dan juga tes untuk mendapatkan kemampuan atau kelayakan menayangkan iklan Google serta mendapatkan kepercayaan dari pelanggan atau calon pelanggan.

Untuk definisi kedua mendapatkan uang dari google, yang diartikan bahwa kamu menggunakan mesin pencari (search engine) Google untuk mendapatkan uang. Tidak sedikit orang yang berhasil dengan menggunakan cara ini.

Cukup sederhana, yaitu kamu harus punya produk atau layanan untuk dijual. Dengan menggunakan mesin pencari atau search engine google sebagai media promosi, maka produk atau layanan mu berpotensi untuk dilihat oleh banyak calon pembeli online selama 24 jam x 7 hari non-stop selamanya.

Untuk mempromosikan produk atau layanan di google agar kamu bisa mendapatkan uang dari search engine google, ada cara yang gratis dan berbayar. Jadi tinggal dipilih saja yang sesuai dengan anggaran serta kemampuan mu.

Cara Yang Bisa Dilakukan Agar Mendapatkan Uang Dari Google

Untuk merealisasikan 2 cara mendapatkan uang dari Google baik itu dibayar Google atau menggunakan search engine untuk promosi, berikut adalah beberapa langkah singkat yang bisa kamu gunakan.


  • 1. Cara mendapatkan uang dari Google (Google Membayar Kamu)

Caranya yaitu bergabunglah menjadi Google Publisher yaitu dengan menggunakan Google Adsense. Google Adsense ini merupakan kebalikan dari Google Adwords, yaitu sebagai aplikasi yang digunakan oleh Google Publisher untuk menayangkan iklan di website, video youtube, atau juga aplikasi android (kalau aplikasi android perlu dikaitkan dengan admob).

Jadi untuk menjadi publisher Google ini, pilih media yang sesuai dengan kamu yaitu website / blog, youtube, atau pengembang aplikasi android. Semua prinsipnya sama, yaitu bagaimana bisa memberikan pelayanan / kepuasan terhadap penggunanya.

Misalnya dengan menggunakan website, maka sajikan konten artikel yang berkualitas untuk pembacanya, demikian juga dengan konten video youtube harus memberikan konten yang berkualitas buat viewernya. Serta juga aplikasi android yang bermanfaat untuk penggunanya.

Kamu bisa memilih apa yang sesuai dengan diri mu dan apa yang kamu suka, dengan demikian kamu akan totalitas karena dilakukan dengan senang hati sehingga mampu menghasilkan konten yang berkualitas. Misalnya kamu hobi berenang, maka bisa menghasilkan konten artikel tentang berenang, atau membuat video youtube tentang berenang.

Kualitas konten ini yang nantinya akan dinilai oleh Google dan juga pengguna youtube atau search engine. Jika berkualitas dan banyak yang suka, maka Google akan memberikan tempat spesial agar konten kamu bisa dilihat banyak orang. Dan juga jika banyak orang yang puas dengan konten kamu, maka tempat spesial dari Google juga akan awet dan tidak digeser oleh konten orang lain.

  • 2.  Cara mendapatkan uang dari Google (Google Membayar Kamu) Versi 2

Dalam cara mendapatkan uang dari google versi 2 ini tetap bekerja sama dengan Google, yaitu menjadi agen iklan Google Adwords. Seperti yang saya jelaskan diatas, bahwa kamu bisa menjadi agen iklan Google Adwords dengan mendaftarkan diri atau perusahaan ke Google sebagai Google Partner dan lengkapi semua persyaratannya.

Nantinya kamu tinggal memasarkan dan mencari pelanggan mu sendiri untuk dipasangkan iklan di Google.  Baik itu dipasang di search engine, website publisher adsense, youtube, atau androids apps. Jadi tugas kamu setelah disetujui / diterima menjadi mitranya Google, yaitu memasarkan layanan iklan google ke perusahaan, personal, atau siapapun yang membutuhkan bantuan iklan di Google.

  • 3. Cara mendapatkan uang dari Google (Menggunakan search engine untuk promosi)

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa kamu butuh adanya produk atau layanan unduk dipasarkan. Dan untuk memasarkannya bisa menggunakan media search engine google, sehingga produk atau layanan mu bisa dijangkau oleh calon pembelinya. Dari situ kamu bisa mendapatkan uang dari Google.

Cara ini memang tidak mudah, karena untuk membuat produk butuh adanya modal dan juga keahlian tertentu. Demikian juga untuk membuat suatu layanan, juga membutuhkan keahlian khusus yang sesuai dengan layanan yang ditawarkan.

Tapi saat ini sedang trend, jadi kamu bisa menjual produk tanpa harus membuat atau memiliki stok produk mu. Caranya bagaimana? Kamu bisa menjual atau mempromosikan produk orang lain dengan sistem dropsip. Jadi kalau ada yang beli melalui kamu, maka kamu bisa menghubungi penyedia produknya untuk dikirim ke pelanggan atas nama kamu sendiri.

Untuk memasarkan melalui search engine seperti yang saya sebutkan diatas bahwa ada cara yang berbayar dan ada juga cara yang gratisan.

  • Promosi Gratis Melalui Google Search Engine

Kamu cukup menggunakan blog gratisan baik dari blogger punyanya Google atau Blog Wordpress. Dan agar mampu bersaing di search engine atau mampu tayang di halaman 1 Google, maka kamu perlu melakukan SEO (Search Engine Optimization) yang butuh tenaga dan waktu ekstra untuk melakukannya. da cara cepatnya yaitu kamu bisa share blog yang berisi produk kamu di social media, tapi share di social media ini tidak sesuai dengan judul atau tulisan ini yang fokus membahas menggunakan search engine untuk memasarkan produk/layanan mu. Atau mendapatkan uang dari Google.

  • Promosi Berbayar Melalui Google Search Engine

Secara prinsip hampir sama dengan yang gratisan. Tapi jika ingin lebih cepat dan juga lebih terpercaya yaitu minimal kamu harus memiliki website dengan TOP LEVEL DOMAIN (TLD) berbayar, dan jika lebih terlihat profesional lagi yaitu dengan membayar hosting dan memesan desain website yang sesuai dengan produk kamu. Hal ini bisa mempengaruhi kepercayaan calon pelanggan mu.

Berikutnya jika dirasa melakukan SEO sendiri terlalu lama karena kurang ahli, maka kamu bisa menggunakan jasa SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan rangking website mu di Search Engine Google).

Selain SEO, jika kamu ingin lebih cepat yaitu dengan memasang iklan di Google Adwords. Jadi dalam waktu singkat maka website mu akan muncul di halaman 1 Google, bahkan rangking 1 Google. Tentunya hal ini harus mengeluarkan biaya, dan juga bisa semakin mahal jika persaingan kata kuncinya semakin ketat, karena banyak yang memperebutkan posisi halaman 1 Google dan juga ranking 1 Google untuk kata kunci tertentu.

Kesimpulan

Jadi dari penjelasan singkat yang saya sampaikan diatas, kamu bisa memahami bagaimana cara mendapatkan uang dari Google. Baik itu kamu dibayar Google karena bergabung sebagai Publishernya, atau juga kamu menjual layanan iklan Google, hingga kamu menggunakan mesin pencari google untuk memasarkan produk atau layanan mu.

Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca artikel saya. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara membuat blog dengan konten yang menarik dan berkualitas

Blog ini memang masih baru dan fresh, tapi bukan berarti blog ini blog pertama saya. Saya sejak 2009 saya sudah mengenal blog ketika mengerjakan tugas sekolah, dan itu menjadi pengalaman pertama saya membuat blog dan konten blog. Blog pertama yang merupakan project untuk ujian sekolah sudah lama tidak diurus bahkan sampai sekarang sudah lupa akun email dan passwordnya.

Ketika masih kuliah pernah iseng membuat blog lagi, tapi isinya bukan cerita pribadi seperti blog yang baru dibuat ini. Blog iseng tersebut jadi bahan percobaan pribadi, dengan menggunakan TLD (Top Level Domain) dan juga paket hosting murah meriah. Tujuannya cukup sederhana yaitu memenuhi rasa ingin tahu saja. Dan itu bertahan hingga sekarang, mungkin sudah berjalan sekitar 3 tahunan meski update kontennya kembang kempis tergantung kesibukan dan juga mood.

(Gambar : flickr.com)

Membuat blog memang sangat mudah, namun mengembangkan blog sehingga banyak yang membaca itu merupakan pekerjaan yang susah serta butuh proses ya…

Strategi jualan online di fanpage facebook untuk pemula

Seperti yang banyak diketahui oleh banyak orang, bahwa berjualan adalah aktifitas memberikan produk atau layanan tertentu dengan imbal balik bisa berupa uang, barang atau juga apapun yang sesuai. Kalau kita lihat saat ini memang terjadi dua tren berjualan yang menjadi andalan para pelaku usaha. Yaitu jualan dipasar tradisional, toko, warung, atau lapak-lapak yang bersifat offline. Sedangkan jualan yang bersifat online hampir sama sebenarnya dengan jualan offline, yang membedakan adalah penggunaan teknologi internet serta jangkauan yang tidak terbatas pada daerah tertentu saja.
Misalnya yang dulu mungkin orang berjualan tas hanya ada di toko tas, pasar, bahkan supermarket dan sebagai pembeli kita hanya bisa membeli dengan datang ke toko tersebut dan transaksi bisa dilakukan disana. Saat ini untuk membeli tas tidak perlu datang ke lokasinya secara langsung, karena banyak penjual tas yang mempromosikan barang dagangannya secara online. Sehingga sebagai pembeli kita bisa melihat tas yang …

Belajar dari kesalahan strategi online marketing dengan sosial media

Kalau tidak salah di awal 2017 saya menjumpai kejadian yang cukup miris dan kasihan di facebook dan LINE. Bagaimana tidak miris coba, teman saya sendiri dicaci maki oleh banyak orang dan bahkan ada yang mengeluarkan kata-kata mutiara atau misuh (baca : mengumpat). Bayangkan saja, bagaimana jika kamu melihat teman mu dicaci maki seperti itu.



Tapi jangan mudah menyimpulkan dulu dan menyalahkan orang yang misuh-misuh itu. Lihat dulu kronologisnya dan kejadiannya, kumpulkan fakta-faktanya seperti film detektif Conan edogawa. Kemudian analisa dan simpulkan siapa yang memulai munculnya kata-kata mutiara tersebut. Nah dari pada kamu pusing memikirkan bagaimana ceritanya, lebih baik saya yang akan berbagi cerita dengan pembaca sekalian.

Kejadian pertama teman saya memanen kata mutiara di LINE. Awalnya saya kaget karena LINE saya terus-terusan bunyi tanpa henti, seperti ada sangat banyak pesan yang masuk. Dan setelah saya lihat ternyata ada sebuah chat group yang masih baru dibuat dan berisi p…