Skip to main content

Strategi jualan online di fanpage facebook untuk pemula

Seperti yang banyak diketahui oleh banyak orang, bahwa berjualan adalah aktifitas memberikan produk atau layanan tertentu dengan imbal balik bisa berupa uang, barang atau juga apapun yang sesuai. Kalau kita lihat saat ini memang terjadi dua tren berjualan yang menjadi andalan para pelaku usaha. Yaitu jualan dipasar tradisional, toko, warung, atau lapak-lapak yang bersifat offline. Sedangkan jualan yang bersifat online hampir sama sebenarnya dengan jualan offline, yang membedakan adalah penggunaan teknologi internet serta jangkauan yang tidak terbatas pada daerah tertentu saja.
strategi marketing online shop, cara pemasaran online melalui facebook, strategi online marketing dengan sosial media, strategi pemasaran online pdf, materi pemasaran online, cara marketing sukses, contoh pemasaran online, pengertian strategi pemasaran online, strategi marketing online yang efektif, cara meningkatkan penjualan online shop, cara pemasaran online melalui facebook, pengertian penjualan online, cara meningkatkan omset penjualan online shop, cara meningkatkan penjualan online di instagram, kata-kata untuk menarik pelanggan online, jualan online paling laris, situs jualan online paling laris, cara jualan online di facebook, jualan online tanpa modal, cara jualan online laris, jualan baju online, cara jualan online shop, cara berjualan online shop untuk pemula,
image : pixabay.com
Misalnya yang dulu mungkin orang berjualan tas hanya ada di toko tas, pasar, bahkan supermarket dan sebagai pembeli kita hanya bisa membeli dengan datang ke toko tersebut dan transaksi bisa dilakukan disana. Saat ini untuk membeli tas tidak perlu datang ke lokasinya secara langsung, karena banyak penjual tas yang mempromosikan barang dagangannya secara online. Sehingga sebagai pembeli kita bisa melihat tas yang dijual hanya dari foto dan penjelasannya. Kemudian jika sesuai maka kita bisa membelinya tanpa harus datang ke lokasi penjual tas, dengan transaksi atau pembayaran melalui rekening bank. Jika transaksi berhasil, maka tas akan dikirim melalui ekspedisi ke alamat kita. Pembelian serta transaksi ini bisa dilakukan kapanpun, bahkan tengah malam sekali pun disaat si penjual tas sedang tidur.

Memang ada kekurangan dan kelebihannya antara jual beli offline ataupun online. Jual beli online memang lebih efesien secara waktu dan juga banyak pilihan, namun pembeli tidak bisa melihat-lihat secara langsung barang yang dijual.

Untuk berjualan online sangat banyak alat atau media yang bisa digunakan untuk menjual barang atau layanan, salah satunya adalah penggunaan facebook. Facebook ini bisa menjadi media jualan online yang sangat efektif dan juga mampu menghemat biaya serta waktu, jika digunakan secara baik dan benar. sistem integerasi antara social media facebook dan instagram. Hal ini memungkinkan

Apa itu facebook dan manfaatnya?


Facebook merupakan jejaring sosial atau yang dikenal sebagai social media yang sedang hits saat ini. Selain itu facebook yang juga induk perusahaan social media lain yaitu instagram memiliki pengguna aktif, bahkan diakhir 2016 pengguna aktif facebook di Indonesia mencapai 88 juta.  Dan 94 persen dari 88 juta pengguna facebook di Indonesia menggunakan ponsel untuk mengakses facebook. Bahkan rata-rata pengguna mengakses facebook hingga 80 kali dalam satu hari. (kompas.com)

Dari banyaknya orang Indonesia yang menggunakan facebook bisa menjadi peluang pasar yang sangat besar untuk berbisnis. Tinggal bagaimana pelaku bisnis bisa menjangkau peluang pasar di facebook yang begitu besar seperti memahami karakter pasar di facebook, hingga membuat desain pemasaran yang ampuh untuk menjual produk / layanan kepada pengguna internet di jejaring sosial facebook.

Selain peluang pasar yang begitu besar, facebook juga menyediakan tools dan juga alat-alat yang bisa digunakan untuk pelaku bisnis yang menggunakan facebook. Salah tools atau peralatan gratis yang bisa digunakan untuk jualan online di facebook adalah fanpage facebook.


Apa itu fanpage facebook dan manfaatnya?


Akun facebook dengan fanpage merupakan dua hal yang berbeda fungsi. Yang saya pahami jika akun facebook biasa hanya untuk pertemanan dan temannya hanya terbatas 5000 orang saja. Sedangkan fanpage tidak terbatas dan bisa terus bertambah jumlah like atau penggunanya. Meskipun akun facebook dan fanpage sama-sama bisa digunakan untuk berjualan online di facebook, namun penggunaan tools marketing di fanpage jauh lebih lengkap dibandingkan dengan akun facebook biasa.

Hadirnya fanpage ini memang untuk digunakan sebagai media bisnis. Dengan membuat fanpage di facebook kita bisa mempromosikan bisnis melalui facebook dengan berbagai macam peralatan / tools gratis yang sangat bermanfaat. Misalnya kita bisa mensetting target pasar yang sesuai dengan bisnis kita, dimana hal ini mampu menjangkau jutaan pengguna facebook. Selain itu juga bisa berinteraksi secara langsung dengan target pasar yang ingin dijangkau.

Fanpage ini bisa digunakan untuk mempromosikan barang yang dijual, layanan, toko offline, lokasi, mempromosikan website hingga aplikasi ponsel seperti aplikasi android dan juga aplikasi iPhone. Bahkan fanpage juga bisa digunakan untuk kepentingan sosial seperti membangun komunitas hingga program-program sosial atau non-profit sekalipun.

Cara membuat fanpage facebook untuk jualan online


Sebelum membuat fanpage facebook sebelumnya pastikan kalau kamu memiliki akun facebook terlebih dahulu. Hal ini diperlukan karena fanspage nantinya dibuat melalui akun facebook yang kamu miliki. Dan berikut adalah langkah-langkah umum yang bisa digunakan untuk membuat akun fanpage untuk berjualan di facebook.

Langkah umum yang pertama dan yang terpenting adalah tentukan dulu tujuan membuat fanpage. Tujuan ini misalnya untuk penjualan produk/layanan tertentu, untuk meningkatkan brand tertentu, mempromosikan event, aplikasi atau bahkan website.


Riset pasar sederhana


Melakukan riset pasar sederhana untuk berjualan online difacebook penting untuk dilakukan. Meskipun pengguna aktif facebook di Indonesia mencapai 88 juta, bukan berarti semuanya memiliki karakter yang sesuai dengan produk atau layanan yang dijual. Sehingga perlu membuat riset pasar skala kecil untuk mengetahui karakter pasar atau calon konsumen yang akan ditarget.

Dengan mengenali calon konsumen, nantinya akan bermanfaat dalam menentukan strategi promosi yang digunakan. Hal ini termasuk juga dalam pembuatan konten untuk penjualan, misalnya pembuatan copywriting, gambar bahkan video yang sesuai dengan target yang diinginkan.

Misalnya saja melakukan kampanye iklan di facebook, tanpa didahuluii dengan riset pasar dan mengenali target audience (calon konsumen), maka bisa dipastikan kampanye iklan akan sangat tidak efesien karena akan menjaring target yang tidak spesifik sesuai dengan produk dan layanan. Yang nantinya target yang tidak spesifik juga tidak memungkinkan untuk membeli produk atau layanan. Selain itu jika tidak spesifik pada target audience tertentu, maka akan terjadi pemborosan biaya iklan.

Memilih target audience yang sesuai


Memilih target audience atau calon konsumen tidak bisa dilepaskan dari riset pasar untuk jualan online di facebook. Dari melakukan riset karakter audience facebook, nantinya akan menghasilkan kelompok-kelompok tertentu. Misalnya pengelompokan berdasarkan lokasi tempat tinggal, atau berdasarkan berdasarkan usia, berdasarkan pendidikan, gadget yang digunakan untuk mengakses facebook, hingga jenis pekerjaannya, serta masih banyak lagi kelompok-kelompok pengguna facebook.

Contohnya jika berjualan kaos distro di facebook yang harganya sekitar 150 hingga 250 ribu. Maka bisa menggunakan kelompok-kelompok tersebut, misalnya karena kaos distro yang umumnya dikenakan oleh anak muda maka bisa memilih rentang usia 17 hingga 25 tahun. Karena harganya mahal, maka biasanya yang memiliki daya beli pengguna gadget atau ponsel yang harganya 2 juta hingga 3 juta. Atau bahkan jika memiliki toko offline, bisa mempromosikan secara lokal misalnya hanya lingkup daerah Surabaya.

Bahkan bisa juga dengan target internasional, jadi tidak hanya penjualan lokal di Indonesia. Kita bisa menjual di luar negeri misalnya malaysia, singapura, atau negara tetangga lainnya. Dan yang pasti dengan menggunakan kelompok audience (calon konsumen) yang sesuai dengan produk/layanan yang dijual.

Menyiapkan produk / layanan yang berkualitas


Pada bagian ini sebenarnya ada dua langkah yang bisa dilakukan. Yaitu memang sebelumnya sudah ada produk dan layanan, kemudian menggunakan facebook untuk mempromosikan produk / layanan tersebut. Kemudian bisa yang awalnya belum memiliki produk atau layanan, melalui riset pengguna facebook akhirnya menciptakan produk atau layanan tertentu sesuai dengan target yang dibidik.
Target atau goal yang ingin dicapai dalam berjualan melalui facebook tentunya ingin produk atau layanan yang dipromosikan laku. Tidak hanya laku, tapi juga laku dengan jumlah besar serta konsumen melakukan pembelian lagi nantinya. Bahkan merekomendasikan produk atau layanan kita ke orang lain.

Nah untuk bisa mencapai target yang demikian, tidak hanya mengandalkan promosi atau penggunaan facebook untuk berjualan online. Namun kualitas produk atau layanan juga perlu diperhatikan, sehingga konsumen puas dalam menggunakan produk atau layanan yang dipromosikan.

Membuat fanspage facebook


Setelah memahami langkah umum sebelum membuat fanpage facebook, maka saatnya membuat fanpage facebook. Klik link berikut untuk mulai membuat fanpage https://web.facebook.com/pages/create

Beberapa hal yang dibutuhkan ketika membuat fanpage yaitu 

  • 1. Pilih salah satu kategori bisnis yang sesuai dengan bisnis yang akan dipromosikan. 
  • 2. Selain itu juga siapkan desain gambar untuk profil dan juga untuk cover fanpage. Usahakan desain ini yang menarik untuk konsumen, dan yang pasti sesuai dengan produk atau layanan yang dijual. 
  • 3. Buat deskripsi singkat yang menjelaskan tentang produk atau layanan yang ditawarkan
  • 4. Masukan informasi seperti email, nomor telepon, atau mungkin alamat lengkap yang bisa dihubungi oleh konsumen jika ingin membeli produk atau menggunakan layanan yang ditawarkan.
  • 5. Jika ingin terkesan lebih profesional bisa mencantumkan alamat website, menggunakan username khusus, bahkan memverifikasi fanspage untuk mendapatkan verified page badge. 
  • 6. Bahkan bisa menghubungkan dengan akun instagram jika ada akun instagram yang digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan yang sama. Menghubungkan fanpage dengan instagram nantinya akan bermanfaat atau berguna untuk menggunakan layanan iklan di instagram. 
  • 7.  Pada setting Preferred Page Audience, nantinya bisa diatur jangkauan fanpage yang dibuat. Misalnya untuk jangkauan wilayah, jangkauan ketertarikan, hingga usia yang dibidik. Hal ini akan lebih mudah untuk mengaturnya jika dari awal sudah melakukan riset dan membidik target yang sesuai dengan produk atau layanan yang dipromosikan. Ada manfaat lain ketika cara ini digunakan dengan benar, yaitu meski tanpa iklan maka fanpage kita akan mendapatkan like organik atau muncul di mesin pencari facebook sesuai dengan target yang dibidik.


Mulai Promosi

Promosi fanpage dalam ini meliputi beberapa hal diantaranya adalah promosi konten fanpage, promosi fanpage itu sendiri (menambah like), meningkatkan pengunjung website, meningkatkan install aplikasi hingga mempromosikan produk atau layanan menggunakan fanpage. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mempromosikan fanpage facebook untuk jualan online di facebook.


  • 1. Cara Organik


Cara organik merupakan cara alami untuk mendatangkan like fanpage. Semakin banyak jumlah orang yang menyukai (like) fanpage, maka semakin besar peluang untuk dijadikan lahan berjualan online di facebook. Cara organik ini orang akan like fanpage kita dengan sendirinya dan agar cara organik ini berjalan dengan baik ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Faktor yang mempengaruhi yaitu informasi fanpage yang jelas misalnya deskripsi, email, nomor ponsel dan sebagainya. Selain itu juga faktor pengaturan target audiens yang sesuai dengan fanpage serta produk serta layanan yang ditawarkan. Dan yang pasti konten yang berkualitas dan menarik juga sangat mempengaruhi terutama konten artikel, image, serta konten video.


  • 2. Iklan facebook


Iklan facebook termasuk cara cepat dan efektif untuk mempromosikan fanpage serta produk/layanan yang ada didalamnya. Kita harus menganggarkan sejumlah dana untuk membayar iklan, yang jumlahnya tergantung pada perencanaan awal. Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa jika ingin lebih efesien maka lakukan riset terlebih dahulu. Hal ini nantinya akan mampu mengatur iklan agar lebih efektif dalam menjangkau target audiens serta efesien dalam biaya. Jadi yang ditarget bukan orang sembarangan, tapi langsung menjaring calon konsumen yang prospek.


  • 3. Konten yang berkualitas


Orang menyukai (like) fanpage facebook biasanya karena isi atau kontennya yang bermanfaat. Jika kita mampu menyajikan konten berkualitas secara berkala, maka hal ini akan mendatangkan like secara organik. Konten disini bukan hanya sekedar update status, upload gambar atau video, tapi juga harus terencana sesuai dengan riset dan targeting yang telah dilakukan sebelumnya. Dengan cara tersebut nantinya dihadapkan mampu mempengaruhi audiens untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan melalui fanpage.


  • 4. Beli like


Ada banyak jasa untuk meningkatkan jumlah like fanpage dengan harga yang sangat murah, misalnya hanya dengan 100ribu bisa mendapatkan 1000 like dalam hanya waktu 5 menit dan sebagainya. Ya meskipun cara ini termasuk salah satu bentuk promosi, namun perlu diwaspadai bahwa penggunaan cara seperti ini biasanya menggunakan robot.

Misalnya akun-akun yang melakukan like merupakan bukan manusia asli tapi akun robot, yang pasti tidak akan bisa dipengaruhi untuk membeli produk atau layanan tertentu. Kemudian juga meningkatkan like fanpage dengan menggunakan robot, yang memang orang yang menyukai fanpage kita adalah manusia asli. Namun lemahnya yaitu sulit untuk menentukan yang sesuai dengan target konsumen yang diinginkan. Selain itu karena konten yang disajikan tidak sesuai dengan mereka atau bahkan jika mereka tidak pernah merasa like fanpage kita, maka fanpage bisa dilaporkan sebagai spam ke pihak facebook. Yang nantinya akan berujung pada pemblokiran.


  • 5. Promo ke akun lain


Banyak fanpage facebook yang memiliki like ratusan ribu hingga jutaan like. Dan biasanya fanpage ini menerima iklan yaitu mempromosikan fanpage serta produk/layanan yang ditawarkan. Jadi fanpage yang sudah terkenal bisa diajak bekerja sama untuk mempromosikan produk / layanan serta fanpage kita yang baru memiliki sedikit like. Yang pasti hal ini membutuhkan biaya untuk membayar fanpage yang sudah terkenal.


  • 6. Hubungkan ke website atau blog


Facebook menyediakan tools agar pemilik fanpage bisa menampilkan fanpagenya di website atau blog. Hal ini bertujuan agar pengunjung website atau blog mengetahui serta mendapatkan update informasi blog melalui fanpage. Yang akhirnya mereka para pengunjung blog atau website akan memberikan like ke fanpage yang diletakan di blog/website.

Jadi itulah penjelasan singkat tentang strategi jualan online di facebook. Jadi yang terpenting adalah pahami dulu intinya seperti apa, baru kemudian praktekan. Ketika praktek nantinya kita akan belajar secara detail hal-hal yang bersifat teknis. Selamat mencoba !!!

Comments

Popular posts from this blog

Cara membuat blog dengan konten yang menarik dan berkualitas

Blog ini memang masih baru dan fresh, tapi bukan berarti blog ini blog pertama saya. Saya sejak 2009 saya sudah mengenal blog ketika mengerjakan tugas sekolah, dan itu menjadi pengalaman pertama saya membuat blog dan konten blog. Blog pertama yang merupakan project untuk ujian sekolah sudah lama tidak diurus bahkan sampai sekarang sudah lupa akun email dan passwordnya.

Ketika masih kuliah pernah iseng membuat blog lagi, tapi isinya bukan cerita pribadi seperti blog yang baru dibuat ini. Blog iseng tersebut jadi bahan percobaan pribadi, dengan menggunakan TLD (Top Level Domain) dan juga paket hosting murah meriah. Tujuannya cukup sederhana yaitu memenuhi rasa ingin tahu saja. Dan itu bertahan hingga sekarang, mungkin sudah berjalan sekitar 3 tahunan meski update kontennya kembang kempis tergantung kesibukan dan juga mood.

(Gambar : flickr.com)

Membuat blog memang sangat mudah, namun mengembangkan blog sehingga banyak yang membaca itu merupakan pekerjaan yang susah serta butuh proses ya…

Belajar dari kesalahan strategi online marketing dengan sosial media

Kalau tidak salah di awal 2017 saya menjumpai kejadian yang cukup miris dan kasihan di facebook dan LINE. Bagaimana tidak miris coba, teman saya sendiri dicaci maki oleh banyak orang dan bahkan ada yang mengeluarkan kata-kata mutiara atau misuh (baca : mengumpat). Bayangkan saja, bagaimana jika kamu melihat teman mu dicaci maki seperti itu.



Tapi jangan mudah menyimpulkan dulu dan menyalahkan orang yang misuh-misuh itu. Lihat dulu kronologisnya dan kejadiannya, kumpulkan fakta-faktanya seperti film detektif Conan edogawa. Kemudian analisa dan simpulkan siapa yang memulai munculnya kata-kata mutiara tersebut. Nah dari pada kamu pusing memikirkan bagaimana ceritanya, lebih baik saya yang akan berbagi cerita dengan pembaca sekalian.

Kejadian pertama teman saya memanen kata mutiara di LINE. Awalnya saya kaget karena LINE saya terus-terusan bunyi tanpa henti, seperti ada sangat banyak pesan yang masuk. Dan setelah saya lihat ternyata ada sebuah chat group yang masih baru dibuat dan berisi p…